Lari Dari Berkah

Sore itu hujan begitu lebat, santri santri banyak yang mengeluh, cucian tidak kering lah, kamar bocor lah, ga bisa berangkat ngaji diniyah lah, dan lah lah yang lainnya.

Kyai Sodron yang ternyata mendengar santri santrinya pada mengeluh pun menghampiri mereka dan bermaksud menasehati.

Kyai Sodron : "Anak anak, janganlah kalian mengeluhkan perkara hujan, itu tidak baik! Lebih baik kita semua syukuri hujan ini."

Santri Santri : (menyahut serempak) "Astaghfirullaah hal'adzim, maafkan kami Kyai."

Salah seorang santri memberanikan diri untuk bertanya.

Santri : "Maaf, Kyai kenapa kita harus mensyukuri hujan."

Kyai Sodron : "Karena hujan ini adalah berkah dari Alloh. Dengannya Alloh tumbuhkan pohon pohonan dari bumi. Bayangkan saja jika hujan tidak turun selama 1 tahun. Apa jadinya? Sungai kering, ikan mati, sumur kering, ga bisa nyuci dan mandi, tanaman kering dan mati."

Santri : "Terima kasih penjelasannya, Kyai."

Tiba tiba dari arah paling belakang ada santri yang nyeletuk, "Maaf Kyai, waktu itu saya lihat pas Kyai keluar dari Masjid tiba tiba hujan turun begitu derasnya lalu tampak Kyai langsung "nyinceng" (mengangkat/menyingsingkan) sarung dan lari ke rumah. Berarti waktu itu Kyai lari dong dari BERKAH ALLOH...???"

Kyai Sodron : "@'?*#%@???!!"

*gubrak...kepleset

-0o0o0-

"Dan Kami turunkan dari langit air yang mengandung berkah, lalu Kami tumbuhkan dengan (air) itu pepohonan yang rindang dan biji bijian yang dapat dipanen." (QS. Al Qaf : 9)

Banyak sekali manusia yang sering mengeluh sebab hujan, bahkan sampai mengatakan bahwa hujan adalah suatu halangan padahal hujan itu adalah rahmat dan berkah dari Alloh.

"Wah, sialan nih hujan. Padahal gue mau pergi."

Sorry nih kemarin gue ga dateng, ada halangan | halangan apa? | biasalah hujan.

Astaghfirullah...

Berbaik sangka saja pada Alloh.

Mungkin jika tidak hujan dan kita jadi pergi, eh ternyata di jalan kita kecopetan, kecelakaan, dll. Dan bisa jadi sebab hujan Alloh telah menyelamatkan kita dari musibah. Jadi ucapkan saja,

"Alhamdulillah turun hujan."

Jangan lupa komentar dan follownya : spiritualmuslim.mywapblog.com :)