Sedekah itu perintah untuk semua muslim

Sedekah.JPG
Mungkin persepsi kebanyakan orang awam bahwa sedekah adalah amal ibadah yang bisa dilakukan oleh orang-orang kaya saja atau orang mempunyai kelebihan harta. Dengan persepsi ini orang akan cenderung tidak beramal sedekah atau mengurungkan niat untuk bersedekah karena merasa berkemampuan pas-pasan, terjebak dengan perasaan “tidak mampu” untuk bersedekah, sehingga seumur-umur hidupnya tidak pernah bersedekah dan terjebak dengan perasaan kurang beruntung atas nasib yang diterimanya.
Mereka selalu berkata “untuk memenuhi kebutuhan hidup sendiri saja pas-pasan bahkan kadang kurang! Mana mungkin saya bisa bersedekah?”
Nah persoalan ini sebenarnya sudah ada sejak zaman nabi dan kita coba ulas kembali sebagai pengingat yang lupa dan tambahan ilmu bagi yang baru mengerti. Kita perlu memahami hal-hal berikut.

Perluas Makna Sedekah.
Pada umumnya kita berpersepsi bahwa sedekah adalah pemberian dengan suka rela dari seseorang terhadap yang membutuhkan, biasanya berupa materi-materi, entah itu uang atau barang. Hendaknya kita memperluas makna sedekah sehingga ibadah ini bisa mencakup seluruh umat Islam, maksudnya bisa dilakukan oleh seluruh umat Islam dalam kondisi apapun.
Hal ini merujuk dari hadis Nabi :
Dari Abu Dzar radhiallahuanhu : Sesungguhnya sejumlah orang dari shahabat Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam berkata kepada Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam: “ Wahai Rasululullah, orang-orang kaya telah pergi dengan membawa pahala yang banyak, mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka puasa sebagaimana kami puasa dan mereka bersedekah dengan kelebihan harta mereka (sedang kami tidak dapat melakukannya). (Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam) bersabda : Bukankah Allah telah menjadikan bagi kalian jalan untuk bersedekah ? : Sesungguhnya setiap tashbih merupakan sedekah, setiap takbir merupakan sedekah, setiap tahmid merupakan sedekah, setiap tahlil merupakan sedekah, amar ma’ruf nahi munkar merupakan sedekah dan setiap kemaluan kalian merupakan sedekah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah masakah dikatakan berpahala seseorang diantara kami yang menyalurkan syahwatnya ?, beliau bersabda : Bagaimana pendapat kalian seandainya hal tersebut disalurkan dijalan yang haram, bukankah baginya dosa ?, demikianlah halnya jika hal tersebut diletakkan pada jalan yang halal, maka baginya mendapatkan pahala. (Riwayat Muslim)

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu dia berkata : Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : Setiap anggota tubuh manusia wajib disedekahi, setiap hari dimana matahari terbit lalu engkau berlaku adil terhadap dua orang (yang bertikai) adalah sedekah, engkau menolong seseorang yang berkendaraan  lalu engkau bantu dia untuk naik kendaraanya atau mengangkatkan barangnya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah, setiap langkah ketika engkau berjalan menuju shalat adalah sedekah dan menghilangkan gangguan dari jalan adalah sedekah. (Riwayat Bukhori dan Muslim)

Rasulullah SAW menterjemahkan makna sedekah yang luas yang dapat diterapkan dalam kehidupan ini, hal ini menjadikan setiap orang Islam beriman sama-sama memiliki kesempatan untuk bersedekah. Sebesar apa sedekahnya tergantung usahanya untuk menjalankan petunjuk Rasullullah SAW di atas.
Hadis ini bukan berarti menghilangkan makna sedekah berupa pemberian harta benda, namun sebagai trobosan amal bagi yang tidak ditakdirkan memiliki kemampuan yang lebih di bidang harta. Yang pada intinya, orang beriman laki-laki atau perempuan semua bisa melaksanakan amal ibadah sedekah.

Bukan Besarnya Nilai Tapi Besarnya Ketulusan
Diterimanya setiap ibadah apapun disisi Allah tergantung  ketulusan hati sang abiddalam menjalankannya, termasuk sedekah.
Zaman terbaik dalam hal sedekah adalah periode sahabat, di mana orang sangat rela memberikan hartanya untuk perjuangan Islam, sebagai salah satu contoh adalah sahabat Abu Bakar As-Sidiq yang menyerahkan seluruh harta yang dimilikinya untuk perjuangan Islam, hingga yang tersisa adalah hanya kain yang dipakainya saja. Ini adalah sedekah yang sangat sulit dan berat untuk ditiru, tetapi ini adalah kebaikan yang luar biasa.
Sahabat Abubakar As-Sidiq dalam bersedekah memiliki Nila yang besar secara matematis dan ketulusan yang besar pula, dan kebanyakan para sahabat waktu itu setulus seperti Abu Bakar dalam bersedekah. Maka saya katakan masa terbaik dam hal ibadah ini.
Namun di sisi lain bayak yang berbeda dengan sahabat Abubakar karena takdir Allah yang berbeda-beda dalam hal rizki.
Yang perlu untuk diperbesar di zaman sekarang ini bagi yang mempunyai kemampuan ekonomi yang lemah adalah ketulusan hati karena Allah. Biarpun lima ratus rupiah yang disedakahkan dengan ikhlas karena itu adalah kemampuan maksimalnya, maka itu sama nilainya dengan yang lima ribu, lima puluh ribu ataupun kelipatannya sampai seberapapun yang dikeluarkan oleh orang kaya yang ia ringan melakukannya.
Waspadai Sedekah Sirri dan Terang-terangan
Di dalam kita bersedekah untuk menjaga ketulusan itu perlu upaya batin yang terus menerus dijaga dan dilatih. Karena dalam bersedekah baik itu siri atau terang-terangan selalu ada gangguan yang bisa merusak keikhlasan kita. Gangguan yang datang itu dari setan yang selalu mencari celah celah kelemahan hati manusia. memelesetkan secara samar adalah keahlian setan, maka kita harus  hati-hati dan mewaspadainya.
Kesimpulan:
1.     Sedekah itu perintah untuk semua muslim, bukan hanya orang kaya saja.
2.     Sedekah itu bukan hanya dengan harta benda saja, bisa juga dengan amal-amal kebaikan terhadap muslim yang lain.
3.     Besarnya ketulusan dalam bersedekah itu lebih diutamakan daripada besarnya sedekah, sedang kesempurnaan keduanya adalah istimewa.
4.     Perlu mewaspadai godaan setan untuk tidak ikhlas dalam bersedekah baik secara siri maupun terang terangan

5.     Yang mengetahui diterima atau tidaknya amal sedekah hanyalah Allah. Mohonlah kepada Allah hati untuk senantiasa ikhlas pada-Allah SWT.

Jangan lupa komentar dan follownya : spiritualmuslim.mywapblog.com :)


Untuk yang pulsanya abis bisa ambil cuma cuma pulsa semua operator di sini=> PULSA GRATIS TERBARU<=


6 komentar

Author
avatar

artikel yg sangat bermanfaat gan :D

Reply
Author
avatar

Kunjungan pagi sob

sungguh luas ternyata makna dari sedekah sebagai salah satu amal yang akan mengundang ke ridhoan Alloh swt,,,,

Reply
Author
avatar

@Mang aep,
sedekah itu sebenarnya bisa membuat hidup kita berkah :idea:

Reply
Author
avatar

@orsund,
alhamdulilah Ήέέ •• Ήέέ •• Ήέέ ••

Reply
Author
avatar

Mantap sob, artikel yang bermanfaat :D .. Kun bal sukses

Reply
Author
avatar

@zona galery,
^_^

Reply